Ketahui Beberapa Hal Dalam Mengurus IMB yang Hilang

Anda ingin merombak atau merenovasi rumah? Namun IMB Anda hilang sehingga proyek pengerjaan rumah Anda tertunda? Jangan anggap sepele urusan legalitas yang berhubungan dengan rumah. Selain sertifikat rumah, Izin Mendirikan Bangunan atau yang dikenal dengan IMB merupakan berkas penting yang harus disimpan dengan baik. Surat ini menandakan bangunan tersebut terjamin legalitasnya.

Jika tidak memiliki IMB atau bangunan tidak sesuai dengan data yang terdapat dalam IMB tersebut, maka bangunan tersebut bisa dirobohkan atau dibongkar akibat tidak sesuai dengan IMB. Lalu, bagaimana jika IMB hilang? Tentu Anda harus segera mengurus ke pihak terkait agar terjamin legalitas bangunan Anda. Bagi sebagian orang enggan mengurus IMB karena malas dan tidak tahu bagaimana caranya. Padahal, mengurus IMB tidak sesulit dan seribet yang dibayangkan. Berikut ini informasi yang akan Anda dapatkan seputar mengurus IMB yang hilang.

Siapkan berkas-berkas

Sebelum mengurus surat Izin Mendirikan Bangunan yang hilang, sebaiknya Anda menyiapkan berkas-berkas dibawah ini agar proses pengajuan pengurusan IMB yang hilang dapat mudah diproses.

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik IMB
  • Fotokopi Sertifikat Kepemilikan Tanah atau Sertifikat Hak Milik (SHM)
  • Surat keterangan kehilangan dari kepolisian setempat
  • Fotokopi IMB atau nomor IMB yang hilang, yang dapat diakses dari PTSP Kecamatan
  • Surat permohonan untuk mendapatkan arsip, ditujukan untuk Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD)

Bagaimana jika Anda tidak memiliki fotokopi IMB atau nomor IMB yang hilang? Tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa mengurus IMB Anda. Jika sebelumnya IMB Anda sudah terdaftar di dinas perijinan setempat maka data IMB sudah terdaftar di database BPAD. Jika tidak, Anda bisa mengurus IMB Anda dengan melengkapi persyaratan lainnya sesuai dengan peraturan dari pihak terkait.

Kunjungi Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah

Jika IMB Anda hilang, Anda tidak perlu panik dan khawatir. Segera datang ke Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) di tempat Anda berada. Untuk apa sih ke BPAD? BPAD merupakan tempat penyimpanan setiap arsip atau salinan IMB yang pernah Anda buat. Namun sebelum itu, alangkah pentingnya bila Anda melengkapi syarat-syarat diatas tersebut. Jika seluruh berkas sudah dilengkapi, Anda bisa menyerahkannya pada BPAD.

Waktu pengurusan IMB yang hilang

Setelah Anda menyerahkan seluruh dokumen yang diperlukan untuk mengurus IMB yang hilang. Anda hanya menunggu waktu untuk mendapatkan dokumen IMB dari BPAD. Perlu Anda ketahui, jangka waktu untuk mendapatkan dokumen IMB di BPAD tergantung dari lama tahun pembuatan IMB itu sendiri, semakin lama tahun pembuatan IMB, maka semakin lama dokumen yang akan didapatkan. Namun, waktu yang paling lama untuk mendapatkan dokumen IMB tersebut adalah 7 hari.

Gratis biaya pengurusan IMB yang hilang

Mengurus IMB yang hilang di BPAD Anda tidak dikenakan biaya pengurusan alias gratis. Bila ada pungutan liar atau pungli, Anda bisa melaporkannya kepada pemerintah setempat.

Mengurus IMB yang hilang harus segera dilakukan! Karena jika tidak bangunan Anda bisa dihancurkan, dirobohkan maupun dibongkar apabila terjadi razia bangunan. Tidak maukan bangunan kesayangan Anda mengalami hal tersebut? Oleh karena itu, segeralah mengurus surat Izin Mendirikan Bangunan agar bangunan Anda terjamin legalitasnya.

Jika Anda tinggal di daerah Jakarta, Anda tidak perlu khawatir dan bingung untuk mengurus perizinan seputar pembangunan. Ketahui syarat-syarat perizinan yang lengkap dan aktual, dengan mengunjungi website pelayanan.jakarta.go.id milik Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dinas PM & PTSP) Provinsi DKI Jakarta. Pilih jenis izin dan syarat-syaratnya, semua layanan tersedia sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *